Wednesday, September 10, 2008

Taubat dan Raja







  1. Pengertian taubat
    Taubat adalah kembali kepada Allah setelah melakukan maksiat. Taubat marupakan rahmat Allah yang diberikan kepada hamba-Nya agar mereka dapat kembali kepada-Nya
  2. Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang berdosa
    Internal ( dari dalam diri) : terkena rayuan syaitan dan terpengaruhi oleh hawa nafsu serta kurang mendekatkan diri kepada Allah
    Eksternal (dari luar diri ) : mudah terpengaruh pergaulan sekitar
  3. Syarat-syarat Taubat :
    Ia wajib beristigfar memohon ampun kepada Allah. S.W.T
    Setelah memohon ampun ia wajib berserah diri kepada Allah
    Setelah itu kembalilah ke jalan yang benar dengan melakukan perbuatan-perbuatan terpuji
  4. Tingkatan Taubat :
    At-Taubah : memohon ampun
    Al-Inabah : penyerahan diri
    Al-Aubah : kembali kepada perbuatan terpuji
  5. Hikmah dan keutamaan taubat :
    - Penghapus Dosa
    - Akhlak mulia yg harus dikerjakan oleh seseorang yang berdosa
    - Media penyesalan seseorang
    - Mendekatkan diri kepada Allah
    - Menambah Iman dan Taqwa
  6. Raja : Segala perbuatan yang semata-mata mengharapkan keridaan Allah S.W.T
  7. Syarat Raja :
    - Optimis
    - Kesungguhan
  8. Faktor raja :
    Internal : niat , mengharapkan rida Allah
    Eksternal : melakukan sesuatu untuk kehidupan manusia
  9. Ciri-ciri orang yang raja : bahagia di dunia, bahagia di alam kubur , bahagia di akhirat
  10. Manfaat dan hikmah raja :
    - Memperoleh keridaan Allah
    - Terhindar dari perbuatan dosa
    - Mendapatkan kepuasan hidup
    - Mendekatkan diri kita pada Allah S.W.T
    - Sarana penyelesaian persoalan hidup
    - Memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat
  11. Contoh perilaku raja dalam kehidupan :
    - Bekerja dengan mengharap rida Allah atas penghasilan yang ia dapat
    - Bersedekah dengan mengharap rida Allah
    - Membantu orang lain tanpa pamrih dan hanya mengharap rida Allah

No comments:

About Me

TanjungpiNang, Kepulauan Riau, Indonesia
ane adLaH anK PerTamA DArI 2 SAuDARa , ane BerCita-cita Menjadi Ilmuan. TolonG doakAn ya Agar ImpiAn ane terwujud, Amin , Semoga impiAn KaLian Juga TerWujud. ane terlahir dari rahim seorang ibu yg sangat menyayangi anak laki-lakinya. dia sangat memperhatikan ane tapi satu hal yang paling ane cintai dari ibu ane adalah perhatianyye . kagak pernah hilang . semuanye ntu kliatan ketike ane di dekatnye trus ngobrol dengan umy . ntah kenapa terasa hal yang berbeda. mengkin semua ini di krenakan ane bersekolah jaoh dari orang tua ane g pernah ngerasain apa2 di tahun pertama ane bersekolah . mksudnye , ane g merasa kangen kepada orang tua maupun umy. tapi sebaliknya umylah yang sering menelpon ane ketike di sini. mungkin ane bakalan melepas rindu bersama umy selama 1 1/2 tahun . dan mama maaf ane udh kagak bise kesane . maklumlah ma tempat tinggal mama cukup jauh di Natuna sana. loh kog ane jadi kyk curhat gini ya....